Tips Memilih Kamar Hotel yang Sesuai Kebutuhan

Menjelang akhir tahun begini, lo pasti udah mulai merencanakan liburan, entah berlibur sendiri, bareng teman-teman, atau pun sama keluarga besar. Nah, sebelum berlibur, pasti ada banyak hal yang harus lo persiapkan dan perhitungkan, mulai dari kesesuaian bujet dengan rencana liburan lo sampai tempat menginap yang dekat dengan tempat tujuan liburan lo. Kalau liburan sendiri, sih, mungkin semua itu bisa lo atur dengan mudah. Yang repot kalau lo liburan bareng keluarga. Pasti ada aja kendalanya, misalnya aja saat memilih kamar hotel. Pasti ada, deh, yang berbeda pikiran. Lo inginnya menginap di Hotel A, tapi keluarga besar lo maunya menginap di Hotel B. Hhmm.. Repot, deh!

Kalau udah begitu, berbagai pertimbangan yang tadinya mudah jadi terasa sulit. Ditambah lagi kalau lo liburan bersama keluarga besar, pasti ada aja yang cerewet soal hotel dan penentuan kamarnya. Maklum, kalau pergi sama orang tua, pasti mereka lebih rewel urusan memilih kamar hotel karena inginnya yang nyaman. Kalau lo udah terlanjur memesan kamar hotel dari jauh-jauh hari, gue doakan semoga kamar pilihan lo adalah yang paling nyaman buat lo dan keluarga. Tapi, kalau lo masih pilih-pilih, daripada lo ribet sendiri dan enggak menikmati liburan akhir tahun yang udah lo idam-idamkan, mending simak tips memilih kamar hotel yang sesuai sama kebutuhan lo ini.

Bujet Terbatas? Pilih Budget Hotel Aja!

Kalau punya bujet terbatas, tentu jangan sekali-kali kepikiran pesan kamar hotel di hotel bintang 4 ke atas. Kenapa? Ya, karena mahal! Bermainlah di hotel bintang 3 atau budget hotel yang punya range harga mulai dari Rp300 ribuan sampai Rp400 ribuan untuk kamar dengan tipe Standar.

Kalau di hotel bintang 3, kamar tipe Standar itu adalah kamar yang paling sederhana dan pastinya lebih kecil ukurannya daripada kamar tipe Deluxe. Tapi, harganya jelas lebih murah daripada tipe Deluxe yang range harganya berada di kisaran Rp500 ribuan ke atas. Bahkan, kalau lagi peak season kayak akhir tahun begini, harga kamar tipe Deluxe bahkan bisa sampai Rp800 ribuan per malam, loh. Mahal, ya? Makanya, pilih tipe Standar aja.

Kalau lo menginap di hotel bintang 3 atau budget hotel macam Pop Hotel, Ibis Budget, atau Favehotel yang jaringannya ada di seluruh Indonesia, lo bisa dapetin kamar hotel dengan harga murah, tapi fasilitasnya pun terjamin. Kalau liburan bareng keluarga besar pun, lo enggak bakal kena protes ini-itu karena kenyamanan menginap mereka pun terjamin.

Tanpa Sarapan atau dengan Sarapan?

Ini juga bisa jadi pertimbangan saat lo memilih kamar hotel. Biasanya, setiap hotel, baik itu hotel bintang 3 sampai bintang 5, menyediakan pilihan kamar yang termasuk sarapan atau tanpa sarapan. Biasanya, perbedaan harganya pun tak seberapa, bisa mulai dari Rp100 ribuan lebih mahal untuk kamar tipe sama, namun yang udah termasuk sarapan. Pertimbangannya, misalnya lo menginap sendiri, rasanya sarapan bukanlah hal wajib, apalagi kalau lo sendiri udah menyiapkan perbekalan semacam mie instan seduh yang bisa lo seduh sendiri dengan air panas yang tersedia cuma-cuma di kamar hotel. Atau, pilihan lainnya, lo tinggal sedia biskuit yang bisa lo makan bareng sama kopi atau teh yang juga tersedia cuma-cuma setiap hari di kamar lo.

Tapi, lo bakal berpikir dua kali kalau memilih kamar hotel buat keluarga lo. Buat adik atau orang tua lo, mengisi perut sebelum mulai pergi ke sana ke mari merupakan hal yang wajib. Makanya, buat keluarga lo, sebaiknya, sih, lo pilih kamar yang udah termasuk sarapan aja supaya lo dan keluarga enggak perlu repot keluar hotel pagi-pagi demi cari sarapan. Tapi, perlu lo ingat juga bahwa pilihan menu sarapan di budget hotel cukup terbatas. Jadi, jangan berekspektasi dapat menu yang lengkap. Beda lagi kalau lo menginap di hotel bintang 4, minimal lo bisa dapet buffet yang isinya beragam banget, mulai dari roti bakar, bubur sumsum, sampai ketoprak (tergantung hotelnya)!

Ukuran Bed

Ukuran bed yang tersedia biasanya disebut sebagai single bed, double bed, atau twin bed. Nah, apa bedanya? Ini yang perlu diperhatikan. Jangan sampai lo salah memilih kamar hotel karena salah memahami tipe tempat tidurnya.

Single bed berarti satu tempat tidur dengan queen size, sementara double bed berarti satu tempat tidur king size. Jadi, kalau lo menginap bersama teman dan ingin tempat tidur terpisah, jangan pesan double bed, ya, karena lo enggak bakal dapet dua tempat tidur, melainkan satu tempat tidur ukuran besar untuk dua orang. Nah, kalau mau kamar dengan dua tempat tidur, pilih twin bed yang berarti kamar dengan dua tempat tidur yang masing-masing hanya cukup untuk satu orang.

Kalau liburan sendiri, sih, lo bahkan enggak perlu mikirin double bed, single bed, atau twin bed, ya, karena pasti lo bakal mikir lebih baik pilih hostel shared room yang jelas harganya bisa setengahnya dari harga kamar di budget hotel. Tapi, sekali lagi, saat lo berlibur sama teman atau keluarga, hal ini perlu lo pertimbangkan baik-baik.

Buat ayah dan ibu lo, apalagi, pasti canggung, kan, kalau lo memilih kamar dengan kasur yang terpisah alias twin bed. Nanti ada gosip pisah ranjang lagi! #eh

Makanya, jangan sampai salah pilih, ya.

Bujet Berlimpah, Ada Family Room sampai Presidential Suite

Bahkan, kalau lo menginap sama keluarga, ada juga pilihan tipe kamar Family Room, loh, yang bisa memuat 4—8 orang, tergantung luas kamarnya. Nah, namanya juga Family Room, kamar tipe ini biasanya terdiri atas double bed dan tambahan single bed atau sofa bed yang bisa lo fungsikan juga sebagai kasur tambahan. Bahkan, beberapa hotel yang harga kamarnya “lebih mahal” juga menyediakan tempat tidur khusus untuk anak-anak yang merupakan tempat tidur tingkat alias susun. Enggak jarang juga di hotel yang “lebih mahal” ini ada area living room-nya juga di Family Room.

Kalau lo enggak mikirin bujet dan cuma mau dapat kenyamanan yang terbaik, di hotel bintang 5 biasanya ada kamar Presidential Suite yang harga menginap per malamnya bisa lebih dari Rp10 jutaan. Mahal? Kalau banyak duit, sih, enggak, ya, apalagi lo cuma mau memilih kamar hotel yang fasilitasnya luar biasa nyaman. DI kamar tipe Presidential Suite, biasanya ada dua area tempat tidur, dua kamar mandi, dan living room. Sekilas mirip kamar tipe Family Room, ya, tapi bedanya kamar tipe Presidential Suite ini mewah banget dan cenderung mirip vila. Biasanya ada area dapurnya juga, berikut ruang kerja.

Nah, udah lihat tips di atas, sekarang lo tinggal pilih mana yang paling sesuai kebutuhan lo. Kalau mau yang pasti-pasti aja, lo bisa pesan kamar hotel pilihan lo melalui travel agent terpercaya supaya bisa dapetin harga terbaik.

Others

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*